Makanan Khas Indonesia
11 / 100

Ada banyak makanan khas Indonesia dari berbagai daerah yang memiliki citarasa lezat. Seperti yang telah diketahui, Indonesia terdiri dari banyak provinsi dan daerah. Setiap daerah memiliki makanan khas masing – masing. Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak makanan asli dan khas Indonesia dengan citarasa bervariasi dan enak di lidah. Makanan Indonesia terbuat dari berbagai macam bahan makanan yang disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat. Meskipun begitu, masyarakat di daerah lain juga bisa menerima makanan tersebut dengan baik. Sehingga, tercipta banyak jenis makanan Indonesia yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Makanan Khas Indonesia

Salah satu contoh makanan Indonesia yang paling terkenal adalah rendang. Makanan ini bahkan sudah diakui oleh masyarakat dunia sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Rendang dibuat dari daging sapi yang diolah dengan menggunakan santan kelapa. Awalnya, rendang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat tepatnya kota Padang. Makanan ini banyak dijual di Rumah Makan Padang. Hingga akhirnya Rumah Makan Padang terkenal di seluruh Indonesia. Hal ini juga membawa rendang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Makanan lain yang juga sangat dikenal oleh masyarakat dengan citarasa yang lezat adalah gudeg yang merupakan makanan asli dari Yogyakarta. Makanan ini dibuat dari nangka muda yang diolah dengan kelapa tua dan gula jawa serta rempah – rempah lain. Umumnya, gudeg memiliki cita rasa manis yang dipadukan dengan rasa pedas dari sambal goreng krecek. Akan tetapi, saat ini di Yogyakarta mulai berkembang gudeg dengan citarasa pedas yang sering disebut dengan gudeg mercon. Gudeg telah menjadi ikon dari kota Yogyakarta dimana seluruh wisatawan yang datang ke Jogja akan selalu mencari makanan ini. Bahkan, Jogja memiliki sebutan sebagai kota gudeg. Oleh karena itu, maka tak heran jika Gudeg menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat.

Makanan lain asal Indonesia dengan citarasa lezat adalah Mie Aceh. Seperti namanya, mie ini merupakan makanan khas dari Aceh. Mie ini memiliki citarasa yang pedas sehingga cocok bagi para penikmat makanan pedas. Selain itu, mie ini juga memiliki tekstur yang lebih tebal dibandingkan mie pada umumnya. Oleh karena itu, banyak orang yang suka mengonsumsi Mie Aceh. Ada dua varian yang bisa dinikmati yaitu mie kering dan mie basah. Mie ini banyak dijual di restoran masakan khas Aceh maupun di beberapa pedagang keliling. Makanan lain yang juga memiliki citarasa lezat adalah Pempek Palembang. Seperti namanya, pempek merupakan makanan asal kota Palembang. Pempek dibuat dengan campuran ikan tenggiri dan tepung terigu. Campuran ini membuat pempek memiliki cita rasa yang gurih. Selain itu, pempek juga disajikan dengan kuah cuka yang memiliki varian rasa pedas dan manis. Sehingga, masyarakat bisa menyesuaikan rasa kuah pempek sesuai dengan citarasa mereka. Sate juga menjadi salah satu makanan asli Indonesia dengan citarasa yang khas. Setiap daerah memiliki bumbu yang berbeda untuk membuat sate seperti Sate Padang, Sate Madura, Sate Bali, dll. Selain itu, sate juga bisa dibuat dari beberapa daging yang berbeda seperti ayam, sapi, dan ikan. Hal ini bergantung dari jenis varian sate yang ingin dibuat. Bumbu sate pada umumnya adalah bumbu kacang. Akan tetapi, beberapa daerah menambahkan rempah – rempah yang berbeda. Sehingga, sate menjadi salah satu makanan dengan citarasa yang kaya.

By Darm

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!