images 4
15 / 100
images 4

Cara Memilih Universitas Swasta
Ini dia beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memilih kampus swasta sesuai dengan Penerimaan Mahasiswa suryakancana:

Akreditasi kampus dan program studi
Mengecek akreditasi kampus dan program studi dapat jadi cara pertama bagimu untuk mengerti mutu kampus yang kamu tuju. Akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi dapat kamu cek di situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), selagi spesifik untuk program studi bidang kesehatan dapat kamu cek di Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Akreditasi berdasarkan standar yang ditetapkan BAN-PT terbagi jadi A, B, dan C. Sementara standar yang terbaru memanfaatkan syarat-syarat Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Kalau kamu mengincar kampus swasta yang bagus di Jakarta, Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya dapat jadi pilihan.

Unika Atma Jaya mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Untuk program studi, tak sedikit lho yang mengantongi akreditasi A seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, dan Teknik Elektro. Beberapa program studi terhitung meraih akreditasi B seperti Bimbingan dan Konseling, Teknik Elektro, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Teknik Industri.

Pilihan jurusan yang prospektif
Nah, selanjutnya, kamu terhitung dapat melihat apa saja pilihan jurusan yang ditawarkan oleh kampus swasta incaranmu. Apabila kamu udah punyai pilihan jurusan yang kamu inginkan, tinggal cari deh ada atau tidak di kampus tersebut. Sementara jikalau belum, kamu dapat pelajari satu per satu jurusan yang ada. Carilah kampus yang menawarkan pilihan jurusan yang prospektif di jaman depan.

Unika Atma Jaya menawarkan banyak sekali pilihan jurusan prospektif. Misalnya bagi kamu yang ingin menggeluti dunia pendidikan, terdapat pilihan jurusan antara lain Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), sampai Bimbingan dan Konseling (BK). Dunia pendidikan terbilang menjanjikan sebab keberadaannya senantiasa dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, ada pula Jurusan Akuntansi, Farmasi, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Ilmu Komunikasi yang lulusannya banyak dibutuhkan di dunia kerja. Sementara bagi kamu yang ingin mendalami pengetahuan agama, kamu dapat memilih Jurusan Pendidikan Keagamaan Katolik.

Peringkat perguruan tinggi
Cara lainnya untuk memilih kampus swasta paling baik yaitu bersama memperhatikan peringkat perguruan tinggi. Daftar peringkat perguruan tinggi yang populer tidak benar satunya adalah QS World University Rangkings. Nah, Unika Atma Jaya lagi-lagi membuktikan bahwa kampus ini layak dijadikan pilihan. Tahun ini, Unika Atma Jaya masuk di dalam daftar 500 kampus paling baik Asia dari QS World University Rangkings.

Bukan cuma itu, Unika Atma Jaya terhitung meraih bintang lima dengan kata lain full stars dari QS Stars untuk kategori online learning. Penilaian berikut meliputi tiga komponen utama, yaitu student-faculty engagement, student interaction, dan student services and technology.

Layanan dan teknologi di balik layar online learning Unika Atma Jaya sesungguhnya udah dibangun bersama serius. Buktinya antara lain tersedianya learning management system (LMS) seperti Moodle dan Microsoft Teams, Office 365; tersedianya massice open & online courses (MOOC) AtmaZeds, serta digital library AtmaLib. Kampus ini menyita kebijakan memanfaatkan online learning secara masif di dalam jaman pandemi Covid-19 sejak Maret 2020.

Unika Atma Jaya mencapai bintang lima dari QS Stars terhadap bidang employability (serapan lulusan di dunia kerja) dan social responsibility (kepedulian dan dampak kampus bagi masyarakat). Hal berikut membuktikan Unika Atma Jaya punyai lulusan yang diakui oleh industri dan berperan sebagai kampus yang punyai dampak sosial besar di masyarakat.

Fasilitas kampus dan prodi
Selanjutnya, kamu terhitung dapat menilai dari faktor layanan yang disediakan, baik layanan kampus secara lazim serta layanan yang di sediakan untuk masing-masing program studi. Misalnya saja di Unika Atma Jaya, terdapat layanan yang kece banget yaitu perpustakaannya.

Nggak cuma koleksi buku yang lengkap, perpustakaan Unika Atma Jaya menawarkan akses ke jurnal nasional dan internasional bersama reputasi baik. Selain itu, terdapat beragam layanan pendukung studi mengajar interaktif. Kerennya lagi, librarian perpustakaan Unika Atma Jaya udah meraih sertifikasi ASEAN!

Fasilitas lainnya andaikan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis, ada laboratorium audit dan Aplikasi CAPSIM Business Simulation. Sementara untuk layanan di Fakultas Pendidikan dan Bahasa antara lain Computer Laboratory with Smartboard, Micro Teaching Laboratory, Science Laboratory, Primary School Education Laboratory, dan Studio Teknologi Pendidikan.

Rekam jejak alumni

Selama proses memilih kampus, kamu terhitung dapat memperhatikan rekam jejak alumni kampus incaranmu. Unika Atma Jaya terhitung merupakan kampus yang berhasil mencetak deretan alumni yang berhasil di dalam kariernya! Salah satu alumni kampus ini adalah Johnny Gerard Plate, yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk periode 2019-2024. Beliau adalah jebolan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ada pula presenter populer Marissa Anita yang merupakan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris. Selain presenter, Marissa terhitung merupakan seorang aktris. Aktris sinetron legendaris yang kini aktif sebagai politikus yaitu Desy Ratnasari terhitung merupakan alumni Unika Atma Jaya lho! Mantap kan?

By Darm

The Fastcoder Blog